Saturday, 1 April 2017

Panduan Lengkap Menginstal Bali Simbar di Laptop/Komputer + Video

Bagikan ini ke :

Om Swastyastu, Bali Simbar adalah nama font yang dipakai dalam menulis akara Bali di laptop ataupun di komputer. Seiring perkembangan jaman membuat semua hal harus cepat dan praktis. Bali Simbar hadir membantu kita dalam mengerjakan tugas, bahkan awig2 bisa kita ketik dengan mudahnya. Font Bali Simbar ini dibuat oleh Bapak Suatjana. Beliaulah yang sudah berjasa memberikan kita kemudahan dalam mengetik Aksara Bali. Namun dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan terkadang membuat kita malas untuk belajar menulis dengan tangan sendiri, bahkan ada yang tidak bisa menullis aksara Bali. Sekali-kali kita harus belajar menulis dengan tangan sendiri Aksara Bali, agar kita senantiasa paham dan bisa menggunakan kemampuan kita sendiri dalam mengajegkan Aksara Bali. Masa orang Bali, generasi muda Bali tidak bisa menulis ataupun membaca Aksara Bal? Jangan sampai kita tidak bisa menulis aksara Bali, kan malu sama turis yang rela datang ke Bali belajar Aksara Bali! Kembali lagi ke topik kita hari ini Bagaimana sih cara menginstal Bali Simbar? caranya memang gampang2 susah, gampang untuk yang sudah tahu dan terasa susah bagi yang belum paham. Sebenarnya caranya sudah banyak yang share,, tetapi karena masih ada yang bertanya ke saya. Yo wiss, tak buatin deh tulisannya.. Cekidot langsung ya..

#Alat dan Bahan
Siapkan dulu Font Bali Simbarnya, untuk yang belum punya silakan klik link dibawah ini.
1. Font Bali Simbar-B 
2. Font Bali Simbar DJ

"Link Font Aksara Bali di atas sudah diupdate tanggal 12 September 2019."

Kok ada dua font Bali Simbar? kalian pasti bingung kan? Karena setahu saya Bali Simbar ada dua jenis. keduanya fungsinya sama hanya beberapa orang memiliki pilihan yang berbeda-beda, jadi saya cantumkan keduanya biar kalian gak susah-susah lagi nyari seandainya temen kalian berbeda font Bali Simbarnya dengan yang kita gunakan,, kan ribet kalo mesti nyari lagi? nah itulah sebabnya saya berikan kedua-duanya.

#Langkah-langkahnya
1. Ekstrak file Bali Simbar Bnya, cara ekstraknya klik kanan file kemudian pilih Ectract to Bali Simbar B atau lihat gambar di bawah ini.
 

2. Jika sudah di ekstrak akan muncul folder Bali Simbar B, kemudia buka. Akan ada banyak pilihan file di dalam folder ini. Silakan dipilih file berjenis font, cara memilihnya tekan CTRL lalu pilih file-file yang ada di dalam gambar di bawah ini.
Jika sudah semua dipilih, lalu copy atau tekan CTRL+C.

3. Kemudian klik Start dipojok kiri bawah, selanjutnya pilih Control Panel
lihat gambar
 

4. Pilih Appearance and Personalization
lihat gambar

5. Pilih Font, paling bawah ya inget.... 
lihat gambar
6. jika sudah terbuka, paste atau tekan CTRL+V ditembat tersebut. 
lihat gambar

---------------------------------------------------------------------------
UPDATE FONT BALI SIMBAR LINK TERBARU.

FONT BALI SIMBAR
update 12 September 2019

Cara menginstalnya sama dengan cara yang ada di atas cuma beda nama filenya saja.
------------------------------------------------------------------------------------


BACA JUGA CARA MENAMPILKAN FONT AKSARA BALI DI ANDOID!



Selesaii.... Font Sudah siapkan digunakan untuk mengetik Aksara Bali!
jika masih kebingungan, silakan tonton videonya ya... Jangan lupa Subscribe!
Semoga bermanfaat ya, jangan lupa share ke teman2nya biar tidak susah2 lagi nyuruh orang lain untuk menginstalnya

KeyWords:
font Bali Simbar, cara instal font bali simbar, cara menginstal bali simbar terbaru, cara menginstal font bali simbar terlengkap 2017, cara cepat menginstal font bali simbar, font aksara bali, cara menginstal bali simbar di laptop, cara instal bali simbar dilaptop terbaru 2017.

33 comments:

  1. wah pas nih buat bikin tugas ppt pakek aksara bali, makasi gan

    ReplyDelete
  2. wuih keren bisa buat aksara Bali. Sepertinya beda dengan aksara jawa

    ReplyDelete
  3. Itu bikinan mimim bukan font nya. Bagus banget art font nya.. ijin sedot min. Buat koleksi font nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan saya yg buat gan, saya hanya memberikan tutorial cara menginstalnya saja :)

      Delete
  4. Artikelnya bagus sekali, isinya berbobot dan sangat bermanfaat.Yang seperti ini sangat di cari orang, selain membantu juga isinya sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini.Saya suka sekali blog ini sangat niche blog, saya tunggu postingan selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan, komentarnya menambha semngat saya untuk menambah postingan

      Delete
  5. memang benar teknologi sudah canggih, sampai sekarang sudah ada Bali Simbar..
    nic info dan tutor instal font

    ReplyDelete
  6. Mntap gan biar nambah pengetahuan berbasa bali serta lestarikan bahasa bali kita..

    ReplyDelete
  7. teknologi modern boleh, budaya harus tetap dijaga. Mantab gan,,

    ReplyDelete
  8. Wah tutorialnya bner mudah di pahami dan sangat membantu ....

    ReplyDelete
  9. Thanks tutornya, Fontnya juga bisa diinstal dengan double klik gan jadi tidak harus buka control panel

    ReplyDelete
  10. Sip, bagus sekali
    Tetap jaga budaya walaupun zaman sdh berubah

    ReplyDelete
  11. min itu link downloadnya sudah ilang mohon di update lagi

    ReplyDelete
  12. suksma atas tewrsedia program bali simbar dj,untuk mempermudah mempelajari dan juga sangatr kita haraapkan bisa ajeg dan limbak pada generasi muda yang sekarang ,tapi saya menemukan kesulitan untuk menginsatal ,,mohon tutntunannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. link file font aksara Bali sampun diupdate Pak, jika masih kebingungan coba tonton malih videonya nika nggih

      Delete

Catatan sebelum berkomentar:
1. Berkomentarlah sesuai dengan postingan yang dibaca.
2. Link hidup pada komentar otomatis akan terhapus!
3. Komentar SPAM dan SARA otomatis dihapus!!!
4. Dilarang ngiklan di kolom komentar!
Mohon untuk dipatuhi demi kenyaman kita bersama
TERIMA KASIH.