KLIK SALAH SATU UNTUK MENGHILANGKAN!

Arti Dan Contoh Cecimpedan

Bagikan ini ke :

Hai..hai.., sahabat iputu dirga blog. Gimana kabarnya?? Baik atau buruk???. Semoga anda selalu dalam keadaan baik baik saja.. kali ini saya akan menjelaskan salah satu seni sastra yang terdapat di Bali yaitu Cecimpedan. Cecimpedan ini sama seperti teka teki yang sering kita gunakan dalam sehari hari.
Cecimpedan biasanya dilakukan oleh dua orang yang yang silih berganti memberikan teka teki/ tebak tebakkan. Nah, sebelum jauh menenal lebih jauh apa itu Cecimpedan. Saya akan memberikan arti dari Cecimpedan tersebut. Cecimpedan asal katanya dari “cimped” yang artinya kalo di bali tebak/ “teka teki” mendapat akhiran an” menjadi "cecimpedan” yang artinya teka teki. Cecimpedan ini sudah biasa di dalam kehidupan masyarakat bali. Cecimpedan biasanya diawali dengan kata; “apeke” (apakah):

Berikut inni contoh Cecimpedan yang paling sering digunkan.:
1.      Apeke anak satak makasatak matlusuk?  Igga Iga)
2.      Apeke anak cerik matapel? (Blauk)
3.      Apeke bale gede matampul abesik? (Pajeng)
4.      Apeke cekuk kajengitin? (Caratan)
5.      Apeke anak cerik paneigang ngurek gumi? (Gangsing)
Dan masih banyak lagi. Jika anda masih kurang mengerti silakan andacari saja di google.Semoga artikel Arti dan contoh Cecimpedan ini,dapat membantu anda yang sedang mencaru arti dari cecimpedan ataupun sedang mencari contoh contoh ceimpedan, dapat terbantu dengan artikel ini. Sekian info cecimpedannya, semoga bermanfaat. Salam bloggers mania dari iputu dirga blog dan terima jkasih..

KeyWords:

0 Tanggapan Artikel Ini: